Rabu, 24 Agustus 2011

Profil Laboratorium Percobaan Peternakan Unsyiah

Sapi Brahman Cross Rukoh

Field Lab Peternakan Unsyiah didirikan pada tahun 1997 untuk keperluan mahasiswa praktek dan menimba ilmu lapangan bidang peternakan. Luas area ± 3 Ha, untuk lahan produktif ± 2 Ha, sedangkan untuk perumahan, kandang, dan perkantoran ± 1 Ha. Didalamnya terdapat berbagai jenis ternak (ruminansia dan unggas), hijauan makanan ternak dan peralatan bidang peternakan.
Field Lab Peternakan ini merupakan kebun percobaan milik Universitas Syiah Kuala yang berlokasi di Desa Rukoh Darussalam Banda Aceh. Desa Rukoh mempunyai curah hujan rata-rata 500 - 2000 mm/tahun, dengan temperatur 28 – 33oC, keadaan tanahnya datar, keasaman tanah (pH) antara 4 – 5, dan berada pada ketinggian 200 m dari permukaan laut.

Bagus juga


Untuk menjalankan aktivitas Field Lab Peternakan, dibentuklah Usaha Bersama Mandiri (UBM) dengan anggota yang terdiri dari alumni jurusan peternakan, mahasiswa aktif dan peternak sekitar. Kegiatan-kegiatan dari Usaha Bersama Mandiri (UBM) pada waktu itu semakin lama semakin berkembang bahkan sudah dapat memberikan solusi bagi peternak-peternak yang memiliki masalah dalam usaha peternakannya. Dengan suksesnya usaha yang dilakukan oleh UBM dalam meningkatkan anggotanya, maka pada tahun 2001 diadakan suatu rapat yang menghasilkan kesepakatan untuk membentuk sebuah koperasi yang dinamakan Koperasi Agribisnis Mandiri (AGMAN). Koperasi ini dibentuk dengan badan hukum Nomor 370/BH/KDK.1.9/IX/2001, tepatnya pada tanggal 24 September 2001 yang beralamat di jalan Lingkar Kampus, Rukoh, Darussalam Kota Banda Aceh.



Namun pada akhir tahun 2004, aktivitas di Field Lab Peternakan terhenti akibat terkenanya bencana tsunami yang meluluh lantakkan bangunan dan peralatan serta ternak yang ada waktu itu. Saat ini, dengan bantuan JICS Jepang, Field Lab Peternakan telah direhabilitasi dan direkonstruksi kembali, namun materi ternak masih terbatas jumlahnya.

Dikutip dari Laporan Praktek Lapang Irwan Azani, S.Pt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulislah komentar yang baek dan bermanfaat, dan yang lebih penting tidak mengandung unsur SARA.. :)